Jumat, 13 Januari 2017

Trik Membujuk Anak Agar Mau ke Sekolah

anak enggan ke sekolah
Tugas membujuk si kecil ke sekolah kerap membuat ortu stres


Beranjak dewasa, si kecil mulai memasuki bangku sekolah. Si kecil akan mempunyai berbagai macam anggapan atau persepsi sebagai proses adaptasi pada lingkungan dan pola baru di sekolah.  Belum lagi mereka harus tinggal di sekolah tanpa ditemani oleh orang tua. Masa-masa dimana anak akan mulai menolak untuk berangkat sekolah pasti ada. Anak bisa merengek sampai menangis keras hanya karena enggan ke sekolah. Hal ini tentunya membuat para orang tua cukup stres karena harus bisa membujuk si kecil untuk ke sekolah. Beberapa trik berikut bisa Anda gunakan untuk membujuk buah hati supaya mau berangkat sekolah.

1. Ajak bicara anak dengan baik. Cari tahu penyebab anak menolak berangkat sekolah. Kebanyakan  alasan anak adalah karena takut oleh ibu guru, karena tidak punya teman, atau hal lainnya.
2. Berikan pengertian dengan bahasa yang bisa dia terima. Berikan gambaran pada si kecil    bahwa   sekolah itu menyenangkan. Ceritakan permainan yang bisa dia lakukan dengan teman-temannya di sekolah. Atau mungkin Anda juga bisa membicarakan tentang teman favoritnya di sekolah.
3. Anda bisa memberikan iming - iming akan membelikan mainan kesukaannya apabila dia rajin pergi ke sekolah. Namun cara ini lebih baik tidak digunakan terus-menerus  karena dapat membuat si   kecil berpikir bahwa sekolah adalah untuk mendapatkan hadiah. Hal tersebut bisa menyebabkan anak tidak memiliki keinginan untuk bersekolah apabila orang tua tidak menepati janjinya.
4. Ajarkan anak bersosialisasi sejak dini. Ajak anak bermain dengan teman-teman seusianya, namun tentu harus dengan pengawasan orang tua. Melatih anak bersosialisasi membantu anak memiliki tingkat kepercayaan diri lebih tinggi.



Tips dan trik diatas membantu Anda yang memiliki anak enggan ke sekolah. Lakukan dengan penuh kesabaran karena anak yang mungkin menolak dengan meronta-ronta. Seiring pertumbuhan si kecil, ia  akan memahami pentingnya sekolah sehingga mau pergi ke sekolah tanpa disuruh.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar