Kamis, 19 Januari 2017

Tata Krama Dasar yang Harus Diajarkan pada Balita

tata krama di lingkungan masyarakat
Tata krama harus diajarkan pada buah hati sejak dini

Tata krama harus dilatih sejak dini agar anak memiliki tingkah laku baik dan perilaku yang sopan dan santun. Anak perlu diajarkan tata krama di lingkungan masyarakat agar kehidupan bersosialisasinya baik. Berikut ini adalah tata krama dasar yang harus diajarkan pada anak.


Ajarkan Cara Meminta Maaf dan Terima Kasih

Biasakan anak untuk mengucap kata maaf jika melakukan kesalahan dan mengucap terima kasih saat menerima bantuan. Berikan contoh pada anak melalui perilaku orangtua.


Mengucapkan Kata Permisi dan Tolong

Biasakan anak mengatakan kata permisi jika melewati orang lain atau meminta ijin melakukan sesuatu. Biasakan juga anak untuk mengucapkan kata tolong ketika akan meminta bantuan agar lebih sopan.


Menghargai Makanan

Ajarkan pada anak untuk tidak mencela makanan secara terbuka apalagi didepan si pembuat makanan. Biasakan anak untuk menghabiskan makanannya agar membuat si koki senang. Hal ini penting untuk melatih anak agar mempunyai sopan santun di meja makan dan tidak menyinggung orang lain.


Merapikan Barang Miliknya


         Biasakan anak untuk selalu merapikan mainannya atau barangnya setelah selesai digunakan. Ajarkan pula pada anak untuk mencuci piringnya sendiri setelah makan. Jika anak terbiasa hidup tidak bersih, maka hal ini akan terbawa saat berkunjung ke rumah orang lain sehingga mengurangi etika bertamu yang baik.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar