Rabu, 18 Januari 2017

Cara Mengajarkan Ragam Budaya Tradisional pada Anak

Mempelajari ragam budaya tradisional penting untuk memupuk rasa nasionalisme (Sumber gambar: m.harianjogja.com)

Indonesia memiliki ragam budaya tradisional yang unik. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita mengenal dan menjaga ragam budaya tersebut. Mengajarkan ragam budaya tradisional pada anak sejak dini dapat memupuk rasa nasionalisme yang lebih tinggi. Beberapa caranya antara lain :

1.  Menggunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari – hari
Ajarkan dan biasakan penggunaan bahasa daerah yang baik pada keseharian anak di rumah. Bahasa daerah sebagai bahasa ibu pertama sebelum bahasa Indonesia.


2. Menceritakan dongeng
Ceritakan dongeng-dongeng nusantara yang menyatakan ragam budaya dan asal-usul daerah. Setiap daerah memiliki kisah atau dongengnya masing –masing.


3. Kursus menari daerah atau bermain alat musik tradisional
Ketrampilan yang berbau tradisinal juga perlu dimiliki anak untuk menumbuhkan rasa cinta pada budaya tanah air. Anak bisa kursus menari khas daerah atau belajar alat musik tradisional.


4. Menunjukkan macam-macam pakaian adat
Poster yang berisi jenis-jenis pakaian adat dari semua suku di penjuru tanah air akan menarik perhatian anak dan menambah wawasan anak bahwa suku-suku terdiri sangat banyak dan beragam.


5. Wisata budaya
Anda juga bisa mengajak anak untuk berlibur di tempat-tempat yang memiliki ragam budaya berbeda, sehingga anak memiliki wawasan yang lebih luas.


Mengenalkan ragam budaya tradisional pada anak melalui cara-cara yang menarik akan memperluas pengetahuan ananda tentang ragam budaya yang bermacam-macam dan mengajarkan ia menghormati budaya lain.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar