Rabu, 11 Januari 2017

Cara Asyik Menanamkan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini

cara menanamkan cinta tanah air pada anak usia dini
Cinta tanah air perlu ditanamkan sejak dini


Kehidupan bernegara memang harus ditanamkan pada anak sejak dini. Orang tua perlu mengajarkan dan menanamkan rasa cinta pada negara sebagai supaya anada kelak menjadi warga negara dan anggota masyarakat yang baik. Menanamkan cinta tanah air juga mendidik anak untuk menjadi lebih bertanggungjawab terhadap perilaku dan sikapnya, menjadi pribadi heroik yang suka menolong dan berprestasi. Berikut cara menanamkan cinta tanah air pada anak usia dini .


Mengenalkan Bendera Negara

Orangtua bisa mengajarkan kepada anak bendera negara (merah putih) dalam permainan menggambar, atau membuat kerajinan tangan menggunakan kertas warna.


Mengenalkan Lagu Kebangsaan

Perkenalkan pada anak lagu – lagu kebangsaan dan ajak bernyanyi bersama dengan suasana menyenangkan.


Mengajak Berpartisipasi pada Kegiatan 17-an

Ketika 17 Agustus tiba, berbagai perlombaan meriah diselenggarakan di masing – masing desa. Ajak anak untuk berpartisipasi di dalamnya. Bisa dengan lomba kerupuk, memasukkan paku kedalam botol, dan perlombaan 17-an umum lainnya.


Wisata Sejarah

Salah satu cara menyenangkan menanamkan cinta tanah air pada anak di usia dini adalah dengan mengajaknya wisata keluarga ke tempat – tempat bersejarah.


Upacara Bendera

Ritual wajib di hari senin ini juga dapat membangun rasa cinta pada negara. Karena itu, jelaskan pentingnya kegiatan upacara bendera dan makna luhur yang ada di dalamnya pada buah hati.


Ceritakan Kisah Tokoh Pahlawan Negara

Sesekali orangtua perlu menceritakan kisah – kisah perjuangan pahlawan di era penjajahan sehingga Indonesia bisa merdeka dan dinikmati dengan kedamaian seperti saat ini. Anak akan muncul rasa bangga, berterima kasih, dan cinta terhadap tanah air.


Yuk, ajarkan rasa cinta tanah air pada anak sejak usia dini, sehingga anak bisa tumbuh menjadi penerus bangsa yang membanggakan dan berprestasi.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar