Sabtu, 21 Januari 2017

Tips Mengajari Anak Berbagi Sejak Dini

mengajari anak berbagi
Kemampuan berbagi perlu dimiliki anak dalam berinteraksi dengan teman


Saat anak Anda beranjak dewasa dan mulai menginjak bangku sekolah, anak akan belajar banyak tentang berinteraksi dengan orang lain terutama teman sebayanya. Hubungan interaksi tersebut melatih tumbuh kembang anak dalam berkomunikasi dan berperilaku yang baik. Pada tahapan ini, anak mulai beradaptasi dan menerima betapa pentingnya dan menyenangkannya mempunyai teman- teman yang banyak. Orang tua perlu memberikan dampingan pada anak dan memberitahukan nilai- nilai baik yang perlu dilakukan dalam berinteraksi dengan teman, contohnya mengajari anak berbagi. Berbagi merupakan salah satu bentuk berilaku sosial yang baik dalam hubungan interaksi dengan orang disekitarnya. Tips untuk Bunda dan Ayah dalam mengajari anak berbagi, sebagai berikut :


1.       Berikan Contoh

Anak-anak sedang melewati fase di mana mereka paling pintar dalam hal meniru. Apabila orangtua mengajarkan hal yang baik, maka anak pun akan meniru dan menerapkan hal baik tersebut. Berikan contoh cara berbagi kepada anak. Misal : Anda bisa memberikan contoh dengan menyediakan kue yang paling dia sukai satu saja, kemudian Anda mencoba meminta kepada anak. Berikan ekspresi sedih saat anak tidak memberi dan berikan ekspresi yang luar biasa bahagia ketika anak memberi sebagai apresiasi. Lakukan hal sebaliknya, yaitu Anda memegang kue dan tunggu sampai anak meminta kepada Anda. Berikan contoh dengan membagi menjadi dua kue tersebut dan memberikan sebagian potongannya kepada anak.


2.       Bicaralah dengan Anak

Saat Anda memberikan contoh mengajari anak berbagi seperti diatas, berbicaralah pada anak untuk memberikan pemahaman – pemahaman terkait perilaku tersebut. Bicarakan apakah hal tersebut menyenangkan untuk berbagi, apakah hal tersebut baik atau tidak, apakah anak akan melakukan hal tersebut. Berikan pemahaman pada anak bahwa perilaku tersebut akan membuat orang disekitarnya bahagia.


3.       Ajarkan Mana yang Boleh dan yang Tidak Boleh untuk Berbagi

Bicaralah pada anak bahwa ada barang yang tidak boleh dibagi seperti barang miliknya yang penting atau yang hanya ada satu. Berbagi adalah hal yang baik, namun ajarkan pula pada si kecil untuk memperhatikan kebutuhan pribadinya sebelum memberi bantuan pada orang lain.


Demikian tips mengajari anak berbagi sebagai upaya pembentukan perilaku dan nilai – nilai baik pada anak.



Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar