Selasa, 17 Januari 2017

Kiat Mensinergikan Pola Asuh Bunda dengan Kakek Nenek

pola asuh kakek nenek
Sering terdapat perbedaan antara pola asuh kakek nenek dengan orang tua


Banyak keluarga kecil dimana ayah dan ibu bekerja dari pagi hingga sore hari sehingga anak mereka harus dititipkan kepada kakek nenek. Hal tersebut menyebabkan kakek dan nenek lebih lama disisi anak dibadingkan ayah dan ibunya, sehingga secara tidak langsung apa yang diajarkan oleh kakek dan nenek mungkin lebih banyak terserap dalam diri si anak. Mungkin terdapat pebedaan antara pola asuh kakek nenek dengan orangtua. Berikut tips mensinkronasikan pendidikan dari kakek nenek dan orangtua.


Usahakan untuk Tidak Mengkritik Sang Kakek / Nenek

Bagaimanapun Anda telah meminta bantuan orangtua Anda untuk menjaga dan merawat anak Anda saat Anda sedang bekerja. Jangan menyinggung perasaan mereka denga mengkritiknya. Tetap ucapkan terimakasih atas bantuan mereka.


Lakukan Diskusi Rutin dengan Kakek Nenek Terkait Gaya Mendidik Anak

Jika ada hal – hal yang tidak sesuai dalam mendidik Anak, utarakan pendapat Anda dengan sopan berikut alasannya. Tanyakan juga alasan kakek nenek melakukan hal tersebut, karena mungkin tujuannya baik karena pada dasarnya, segala yang diajarkan kakek dan nenek adalah untuk kebaikan si anak.


Yakini Bahwa Gaya Mendidik Mereka Juga Baik untuk Perkembangan Anak


Demi kebaikan buha hati, orang tua juga harus memberi kepercayaan pada kakek nenek dengan caranya masing -masing dalam mendidik si anak. Cara kakek dan nenek mungkin lebih konvesional dan tidak modern, namun yakini bahwa setiap yang  mereka berikan pasti ada mafaat positifnya untuk anak.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar